Minggu, 21 Juni 2009

10 Fakta tentang Mimpi

1. Tubuh Kita Lumpuh pada Saat Tidur

    Percaya atau tidak, tubuh kita mengalami kelumpuhan virtual selama tidur, kemungkinan           besar     bertujuan untuk melindungi tubuh kita bertindak seperti yang terjadi dalam mimpi         kita

2. Stimulan Eksternal Mempengaruhi Mimpi Kita


     Hal ini sering disebut Dream Incorporation, yang sering dialami adalah suara sesuatu yang            kita dengar pada saat sedang bermimpi juga akan terdengar dalam mimpi kita. Contoh                  lainnya adalah ketika bermimpi dalam keadaan haus, maka ada kemungkinan dalam mimpi          anda, anda akan memimpikan meminum sesuatu atau memimpikan mengalami kehausan.

3. Orang yang Berhenti dari Suatu Kecanduan Memimpikan Benda Tersebut


    Menurut penelitian dari Journal of Abnormal Psychology 293 orang perokok yang berhenti           merokok selama 1-4 minggu, 33% diantaranya memimpikan rokok atau bermimpi tentang           rokok dalam mimpinya.

4. Manusia Mempunyai Kecenderungan Mimpi dengan Tema yang Sama


     Beberapa tema umum yang sering dimimpikan oleh setiap orang adalah situasi yang                      berhubungan dengan sekolah, dikejar oleh seseorang atau sesuatu, berlari perlahan atau                berlari di tempat, terjatuh, terlambat menghadiri sesuatu, memimpikan seseorang                          yang masih hidup meninggal, gigi yang tanggal, terbang, gagal dalam ujian, dan                                kecelakaan mobil.

5. Tidak Semua Orang Mempunyai Mimpi yang Berwarna


     Menurut penelitian, 12% orang dengan penglihatan normal hanya bermimpi dalam warna              monokromatik (hitam-putih). Sedangkan sisanya mempunyai mimpi yang berwarna. Apakah      anda termasuk dalam 12% pemimpi monokromatik ??

6. Kita Memimpikan Orang-Orang yang Pernah Kita Lihat


     Mimpi kita seringkali dipenuhi wajah orang-orang asing yang tidak kita kenali. Namun                  tahukah anda bahwa wajah orang yang ada dalam mimpi anda merupakan wajah orang-orang      yang pernah anda lihat sebelumnya ? Pembunuh berantai dalam mimpi anda, mungkin adalah      supir taksi yang mengantar anda bulan lalu ke bandara. Kita menjumpai ratusan atau                    mungkin ribuan wajah dalam hidup kita sehingga otak dapat menciptakan beragam karakter        berdasarkan wajah yang kita ingat tersebut.

7. Bermimpi Mencegah Psychosis


     Apa itu Psychosis ?? Intinya psychosis itu adalah gangguan kejiwaan seperti halusinasi, delusi,      pemikiran yang tidak fokus atau secara general psychosis adalah kegilaan…!!
     Menurut penelitian, orang-orang yang terbangun pada saat awal mimpinya, kemudian                  dilanjutkan dengan tidur normal selama 8 jam mengalami kesulitan konsentrasi, halusinasi,          dan pertanda psychosis lainnya setelah 3 hari. Oleh karena itu, ada baiknya kalo mimpi                  diselesaikan sampe tamat…

8. Semua Manusia Bermimpi


     Setiap manusia (kecuali yang mengalami gangguan psikologis yang ekstrim) mengalami                  mimpi. Namun demikian, pria dan wanita mempunyai mimpi dan reaksi psikologis yang                berbeda. Pria cenderung bermimpi tentang pria lainnya, sedangkan wanita mempunyai                mimpi dengan kecenderungan yang sama untuk pria dan wanita.

9. Kita melupakan 90% mimpi kita


     Dalam 5 menit setelah kita terbangun dari mimpi, setengah dari mimpi yang kita alami akan        terlupakan. Sedangkan dalam 10 menit, 90% mimpi tersebut telah terlupakan. Namun                  demikian, Robert Louis Stevenson, pengarang cerita Doctor Jekyll and Mr. Hyde                            mendapatkan inspirasi cerita tersebut ketika ia sedang bermimpi.

10. Orang Buta juga Bisa Bermimpi


       Orang buta ternyata juga bisa bermimpi. Orang yang mengalami kebutaan setelah lahir                (sebelumnya bisa melihat, namun kemudian mengalami kebutaan) dalam mimpinya dapat            melihat citra/gambar. Sedangkan orang yang mengalami kebutaan sejak lahir, tidak dapat            melihat citra/gambar dalam mimpinya, namun mempunyai mimpi yang melibatkan indra-            indra lainnya seperti pendengaran, penciuman, sentuhan, emosi dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar